Apa itu kebebasan finansial?

Mengenal Kebebasan Finansial

Apa itu kebebasan finansial?

Apa sih sebenarnya yang disebut dengan kebebasan finansial? Belakangan ini, perbincangan mengenai kebebasan finansial atau financial freedom sering kita temui baik secara langsung ataupun melalui konten di media sosial. Banyak anak muda yang sudah mulai memperhatikan atau membuat tujuan kehidupannya untuk memiliki kebebasan finansial di usia muda.

Kebebasan finansial adalah keadaan dimana kita memiliki kekayaan dan aset yang cukup untuk menjalani gaya hidup yang nyaman tanpa bergantung dengan orang lain dan tidak harus khawatir dengan kondisi keuangan kita. Membayangkan untuk mencapai kebebasan finansial tentunya menyenangkan ya? Bisa beli apa aja, ke mana aja, liburan sejauh dan selama yang diinginkan tanpa harus deg-degan ketika mengeluarkan uang untuk bayar ini dan itu. Mungkinkah kebebasan finansial seperti ini dicapai? Tentu saja bisa, tapi yang pasti ini bukanlah hal yang instan. Butuh perjalanan panjang, ketelitian, ketekunan dan juga kedisiplinan tinggi dari kita.

Kira kira hal apa sih yang bisa dilakukan untuk memulai perjalanan menuju kebebasan finansial?

Budgeting

Untuk memulai perjalanan menuju ke kebebasan finansial, salah satu hal yang penting untuk terus dilakukan adalah budgeting atau penganggaran. Setiap pendapatan yang kita dapatkan tiap bulannya perlu diatur kegunaanya. Dengan perencanaan yang tepat untuk pendapatan kita, maka kita dapat menentukan langkah apa selanjutnya yang perlu dan tidak perlu kita ambil untuk keuangan kita.
Salah satu hal yang dapat membantu untuk penganggaran kita adalah dengan melacak pengeluaran kebutuhan dasar kita tiap bulannya. Hal ini dapat membantu agar nantinya kita dapat mengetahui apakah uang yang kita miliki cukup atau berlebih untuk hidup dalam satu bulan. Melacak pengeluaran bulanan dapat dilakukan secara manual ataupun menggunakan aplikasi yang dapat membantu merekam semua pengeluaran kita setiap kali kita berbelanja ataupun jajan.
Aplikasi Yup dapat menjadi teman untuk mencatatkan pengeluaran kita setiap kali kita melakukan transaksi kapanpun di mana pun. Kita dapat melihat rekaman seberapa banyak kita sudah mengeluarkan uang dengan mudah setiap saat. Dengan manfaat bunga 0%*-nya kita tidak perlu khawatir akan ada biaya bunga saat kita menggunakan aplikasi Yup untuk bertransaksi.

Tentukan Tujuan Keuangan

Semua orang menginginkan untuk sampai ketitik kebebasan finansial, namun harapan tanpa tujuan yang jelas akan menjadi sia-sia. Untuk mencapai keinginan atau harapan, kita perlu menentukan tujuan kita dengan baik. Ada beberapa hal yang dapat membantu untuk menentukan tujuan dengan baik:

  1. Buatlah dengan spesifik.
  2. Buatlah tujuan yang dapat diukur.
  3. Tentujan jangka waktunya.
  4. Pastikan ini merupakan tujuanmu pribadi, bukan milik orang lain.
  5. Tuangkan tujanmu ke dalam tulisan.

Artikel ini ditulis oleh Yup, platform aggregator yang menghubungkan customer untuk mendapatkan layanan Bayar Nanti yang dioperasikan oleh PT. Finture Tech Indonesia. Dapatkan informasi, tips, dan promo menarik Yup lainnya dengan mengikuti Blog Yup. Belanja apa aja dan di mana aja pakai Yup, Bunga 0%* terus untuk setiap pilihan pembayaran 40 hari.

Share:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Event yang akan datang

Media sosial