kiat cuan di tahun 2023

Kiat Cuan di Tahun 2023 Bersama Fellexandro Ruby

kiat cuan di tahun 2023

Pada hari Selasa, 31 Januari 2023 lalu @thinkyup.id bersama dengan Fellexandro Ruby mengadakan sesi Live Instagram. Dalam sesi ini membahas mengenai Kiat Cuan di Tahun 2023. Banyak kalangan yang mengatakan bahwa di tahun 2023 ini keadaan ekonomi lebih gelap dari tahun-tahun sebelumnya. Terkait dengan prediksi ini, seperti apa sih kita harus menyikapi dan menata keuangan kita? Di dalam sesi Live Instagram lalu yang diikuti dari berbagai kota di Indonesia, Fellexandro berpendapat bahwa sebenarnya di tahun 2023 tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun hal ini bukan berarti kita boleh tenang dan santai berkaitan dengan keuangan kita.

Pengelolaan keuangan yang baik tetap perlu dilakukan agar kita terhindar dari segala macam masalah yang mungkin timbul di tahun 2023. Pengelolaan keuangan bukan hanya untuk jangka pendek ya, melainkan untuk jangka panjang. Bukan hanya untuk seminggu, sebulan, atau satu tahun, namun kita harus memiliki proyeksi jauh kedepan. Ada beberapa hal yang dapat menjadi langkah awal kita untuk mengelola keuangan. Mulai dari mempersiapkan dana darurat atau dana tak terduga yang cukup untuk membiayai 3 sampai 6 bulan kebutuhan bulanan, menyiapkan asuransi, dan juga memiliki pendapatan bulanan yang pasti. Dengan mempersiapkan ketiga hal tadi maka pasti kita dapat melalui tahun 2023 ini dengan baik dan positif.

Selain dari mempersiapkan dana darurat, asuransi, dan juga pendapatan tetap, hal lain yang perlu kita pertimbangkan adalah meningkatkan pendapatan serta berhemat. Kira-kira mana yang lebih baik dilakukan terlebih dahulu? Meningkatkan keuangan atau menghemat pengeluaran? Fellexandro mengatakan bahwa keduanya perlu dilakukan sesuai dengan waktunya. Berhemat merupakan hal yang lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan meningkatkan pendapatan. Namun berhemat sesungguhnya cocok untuk jangka pendek saja. Sedangkan meningkatkan keuang lebih kepada jangka panjang dimana kita perlu memperbaiki dan meningkatkan skill kita. Tidak hanya memperbaiki dan meningkatkan skill, namun masih ada lagi proses selanjutnya. Pembuktian skill kita yang sudah meningkat menjadi langkah selanjutnya. Hal ini lah yang membedakan berhemat dan meningkatkan pendapatan. Sembari kita berhemat, kita juga harus melakukan inverstasi kepada diri sendiri dengan memperbaiki dan meningkatkan skill kita.

Bagaimana sih cara untuk meningkatkan pendapatan kita? Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untu dapat meningkatan pendapatan kita. Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan, mulai dari hal yang mudah dilakukan dan dekat dengan kemampuannya kita:

  1. Buat konten yang menarik di sosial media.
    Bagi kamu yang familiar dengan sosial media, kamu bisa membuat konten yang menarik di sosial media. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui konten yang dibuat. Entah itu berkaitan dengan usaha yang kamu miliki atau terkait dengan hobi yang kamu miliki. Jika kamu bisa konsisten dan mendapatkan audiens yang luas, maka kontenmu dapat menjadi pemasukan tambahan.
  2. Program Afiliasi
    Bagi kamu yang fasih dengan teknologi, kamu bisa bergabung dengan program afiliasi. Tidak perlu memiliki barangnya, tidak perlu memilik stok barangnya, dan tidak perlu pusing2 jualan. Kamu akan mendapatkan persenan sekian rupiah dari harga jual jika ada orang yang membeli barang yang ditawarkan melalui tautanmu.
  3. Investasi pada diri sendiri
    Dengan meningkatkan skill, pengalaman, dan juga sertifikasi kamu dapat meningkatkan pendapatanmu. Hal ini merupakan modal untuk “menjual diri” mendapatkan pemasukan tambahan. Promosi di pekerjaan ataupun pekerjaan sampingan bisa kamu jalani setelah meningkatkan skill dan membuktikan skill baru kamu.
  4. Investasi yang aman
    Selain berinvestasi pada diri sendir, kamu juga bisa mencoba invertasi yang aman. Contohnya obligasi pemerintah, reksadana dan lain sebagainya. Pastikan investasi yang kamu pilih memiliki histori yang baik dalam 5 sampai 10 tahun belakangan.

Sembari melakukan kiat cuan di tahun 2023 diatas, kamu juga bisa memulai mengurangi pengeluaran kamu atau berhemat. Salah satu cara mudah untuk berhemat adalah kita harus melek promo. Dengan menggunakan promo yang ada, kita bisa mendapatkan sesuatu yang kita inginkan dengan mengeluarkan uang yang lebih sedikit dari biasanya. Sebagai contoh, bagi kamu yang suka jajan sore ataupun minum kopi, kamu bisa menggunakan promo Yup di FamilyMart. Ada cashback berupa e-voucher Rp 25.000 selama 8 minggu* di FamilyMart buat kamu yang menggunakan Yup agar bisa menghindari boncos.

Pada intinya, mempersiapkan diri dengan persenjataan yang cukup akan membantu kita dalam melalui tahun ini dengan baik. Berinvestasi pada diri sendiri, meningkatkan pendapatan, dan menekan pengeluaran adalah kiat cuan di tahun 2023 ini. Maksimalkan potensi inverstasi baik ke diri sendiri maupun ke investasi yang aman seperti obligasi pemerintah dan lain sebaigainya. Jangan lupa untuk kontrol keuanganmu juga dengan manfaatkan promo yang ada seperti promo dari Yup.

Artikel ini ditulis oleh Yup, platform aggregator yang menghubungkan customer untuk mendapatkan layanan Bayar Nanti yang dioperasikan oleh PT. Finture Tech Indonesia. Dapatkan informasi, tips, dan promo menarik Yup lainnya dengan mengikuti Blog Yup. Belanja apa aja dan di mana aja pakai Yup, Bunga 0%* terus untuk setiap pilihan pembayaran 40 hari.

Share:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Event yang akan datang

Media sosial