Hari Perempuan Sedunia, Equality dan Equity

Hari Perempuan Sedunia, Equality dan Equity?

Hari Perempuan Sedunia, Equality dan Equity

Hari Perempuan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 8 Maret merupakan momentum penting untuk meningkatkan kesadaran tentang kesetaraan gender dan mengedukasi masyarakat untuk mempromosikan aksi nyata dalam memajukan hak-hak perempuan. Tema utama yang diangkat pada peringatan Hari Perempuan Sedunia tahun ini adalah “Equity vs Equality”, yang menyoroti pentingnya memberikan kesempatan yang sama kepada semua orang tanpa memandang latar belakang mereka.

Perbedaan antara equity dan equality sebenarnya sangat sederhana, namun seringkali keliru dipahami. Equality berarti memberikan perlakuan yang sama kepada setiap orang, tanpa memandang kondisi atau kebutuhan khusus mereka. Sedangkan equity adalah memberikan perlakuan yang sama kepada setiap orang, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi mereka yang berbeda.

Sebagai contoh sederhana, kita bisa memperhatikan perbedaan antara equality dan equity dalam bermasyarakat. Misalnya dalam hal aksesibilitas tempat umum. Jika sebuah gedung memiliki tangga sebagai akses masuk utama, maka semua orang dianggap sama-sama dapat menggunakannya untuk masuk ke gedung tersebut, terlepas dari apakah mereka memiliki kebutuhan khusus seperti kursi roda. Ini adalah contoh dari equality, karena semua orang dianggap sama dan dianggap dapat menggunakan fasilitas yang sama tanpa mempertimbangkan kebutuhan khusus mereka.

Namun, jika gedung tersebut juga menyediakan lift sebagai alternatif untuk akses masuk, maka hal itu adalah contoh dari equity. Lift memberikan kesempatan yang sama bagi orang yang memiliki kebutuhan khusus seperti kursi roda untuk mengakses gedung tersebut dengan mudah, sehingga mereka memiliki kesempatan yang sama seperti orang lain untuk menggunakan fasilitas di dalam gedung tersebut.

Pada contoh ini, equity mempertimbangkan bahwa setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda dan memberikan kesempatan yang sama kepada setiap orang, dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi mereka. Hal ini juga berlaku dalam bermasyarakat, di mana kita harus mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi individu untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua orang.

Contoh lainnya, banyak anak-anak senang bermain sepeda sehingga mereka banyak yang memiliki sepeda. Jika hanya memandang equality maka memperikan sepeda yang sama kepada setiap anak saja sudah cukup. Hal ini sudah menggambarkan setiap anak dapat mengakses dan memiliki sepeda yang sama. Namun sebenarnya hal ini belum cukup. Belum tentu semua anak dengan sepeda yang sama dapat menggunakannya dengan baik dan tepat untuk keselamatannya saat menggunakan sepeda tersebut. Penting untuk melihat kebutuhan dari si anak. Mulai dari usia, tinggi badan, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Disinilah equity berperan penting. Memberikan sepeda yang tepat sesuai dengan kebutuhan si anak menjadikan semua anak dapat bermain sepeda dengan nyaman dan aman.

Equality dan equity juga sangat berperan dalam dunia pendidikan. Memberikan kualitas pendidikan yang sama untuk setiap daerah saja tidak cukup. Equity diperlukan dalam memastikan setiap anak di setiap daerah dapat menyerap pendidikan dengan nyaman dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Setiap anak memiliki perbedaanya masing-masing, ada yang membutuhkan bantuan khusus terkait dengan kesehatan, ada juga yang tidak. Ada yang dapat memahami pelajaran dengan sangat mudah, ada tuga yang tidak. Begitu pula dengan jenis kelamin dan umur si anak. Kebutuhan anak perempuan dan laki-laki juga berbeda. Dengan melihat perbedaan kebutuhan masing-masing individu maka anak dapat mendapatkan pendidikan yang mereka butuhkan dengan tepat.

Dalam rangka memajukan hak-hak perempuan, perbedaan antara equity dan equality juga menjadi sangat penting. Perempuan sering kali menghadapi kesulitan dan hambatan yang berbeda dalam mencapai kesetaraan dengan laki-laki, sehingga perlu diberikan perhatian khusus untuk memastikan bahwa mereka memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses kesempatan dan sumber daya yang sama.

Merayakan Hari Perempuan Sedunia dengan tema “Equity vs Equality”, penting untuk mempertimbangkan bahwa kesetaraan bukanlah tujuan akhir, tetapi proses yang terus berlangsung. Kita semua memainkan peran penting dalam menciptakan dunia yang lebih adil dan setara bagi perempuan. Dan meskipun banyak kemajuan telah dicapai, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai kesetaraan yang sebenarnya. Selamat hari Perempuan sedunia!

Artikel ini ditulis oleh Yup, platform aggregator yang menghubungkan customer untuk mendapatkan layanan Bayar Nanti yang dioperasikan oleh PT. Finture Tech Indonesia. Dapatkan informasi, tips, dan promo menarik Yup lainnya dengan mengikuti Blog Yup. Belanja apa aja dan di mana aja pakai Yup, Bunga 0%* terus untuk setiap pilihan pembayaran 40 hari.

Share:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Event yang akan datang

Media sosial