7 Ciri-Ciri Kamu Berada dalam Toxic Relationship

7 Ciri-Ciri Kamu Berada dalam Toxic Relationship

7 Ciri-Ciri Kamu Berada dalam Toxic Relationship

Hidup dalam hubungan yang toksik atau toxic relationship bisa sangat menguras energi dan merusak kesejahteraan kita. Terkadang, kita mungkin tidak menyadari bahwa kita berada dalam sebuah hubungan yang tidak sehat dan toksik. Nah, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang mungkin menunjukkan bahwa kamu berada di dalam toxic relationship:

  1. Ketidakseimbangan kekuasaan

Dalam hubungan yang toksik, salah satu pihak cenderung memiliki kendali penuh sementara pihak lain merasa kehilangan kebebasan dan kontrol atas hidupnya. Ada dominasi yang tidak sehat dan sulitnya mencapai kesetaraan dalam pengambilan keputusan.

  1. Penuh dengan kritik dan penghinaan

Kamu seringkali diberi kritik secara berlebihan dan dihina oleh pasanganmu. Kata-kata mereka bisa melukai perasaanmu dan merendahkan harga dirimu.

  1. Kontrol yang berlebihan

Pasanganmu cenderung mengendalikan hidupmu, membatasi kebebasanmu, dan mengatur apa yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan. Mereka tidak menghormati privasimu dan terlalu cemburu.

  1. Sikap manipulatif

Pasanganmu sering menggunakan manipulasi emosional atau taktik psikologis untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka mungkin melakukan pemerasan emosional, mengancam, atau memanfaatkan kelemahanmu.

  1. Kekerasan fisik atau verbal

Jika pasanganmu seringkali menggunakan kekerasan fisik atau kata-kata kasar untuk melukai kamu, itu adalah tanda toxic relationship yang sangat berbahaya. Kamu harus segera mencari bantuan dan meninggalkan hubungan tersebut.

  1. Hilangnya kepercayaan diri

Kamu merasa tidak percaya diri dan tidak berharga dalam hubungan tersebut. Pasanganmu mungkin secara terus-menerus merendahkan dan menghancurkan harga dirimu.

  1. Isolasi sosial

Pasanganmu mungkin ingin mengendalikan siapa yang boleh kamu ajak berinteraksi dan siapa yang tidak. Mereka mungkin berusaha mengisolasi kamu dari keluarga dan teman-temanmu.

Jika kamu merasakan ciri-ciri di atas dalam hubunganmu, penting untuk menyadari bahwa kamu layak mendapatkan hubungan yang sehat dan penuh dengan cinta, dukungan, dan rasa hormat. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari teman, keluarga, atau profesional jika kamu merasa terjebak dalam toxic relationship. Ingatlah bahwa kamu memiliki hak untuk hidup bahagia dan aman.

Artikel ini ditulis oleh Yup, platform aggregator yang menghubungkan customer untuk mendapatkan layanan Bayar Nanti yang dioperasikan oleh PT. Finture Tech Indonesia. Dapatkan informasi, tips, dan promo menarik Yup lainnya dengan mengikuti Blog Yup. Belanja apa aja dan di mana aja pakai Yup, Bunga 0%* terus untuk setiap pilihan pembayaran 40 hari.

Share:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Event yang akan datang

Media sosial