Paylater di Indonesia

Seiring dengan perkembangan jaman, system pembayaran di Indonesia juga berkembang dengan cepat. Saat ini metode pembayaran yang ditawarkan untuk mempermudah transaksi juga cukup banyak. Tidah hanya e-wallet, Paylater juga sudah menjadi salah satu opsi yang banyak diminati karena kemudahannya untuk bertransaksi. Seperti namanya, Paylater merupakan metode pembayaran yang tidak mengharusnya penggunanya untuk langsung membayar transaksi mereka. Pengguna Paylater dapat melakukan transaksinya dan membayar tagihannya nanti. Sebelum menggunakan paylater, yuk mari simak bagaimana cara kerja paylater dan apa aja sih paylater di Indonesia!

Bagaimana Cara Penggunaan Paylater?

Cara kerja paylater bisa dibilang cukup sederhada. Sistem yang ditawarkan mempermudah pengguna paylater untuk berbelanja dan dapat membayar nya kemudian sesuai dengan tanggal batas pembayaran. Berikut poin poin yang harus dilalui sebelum kamu bisa menggunakan paylater.

Pendaftaran

Sebelum kamu dapat melakukan transaksi menggunakan paylater, kamu harus melakukan pedaftaran terlebih dahulu. Proses pendaftaran pada setiap paylater memiliki syarat yang berbeda, namun pada dasarnya semua orang yang ingin mendaftar harus mencapai batas usia minimum dan sudah memiliki KTP. Selain itu, pada proses pendaftaran juga membutuhkan informasi tambahan wajib seperti informasi pekerjaan dan alamat tinggal calon pengguna paylater.

Aktivasi

Setelah proses pendaftaran selesai, akun kamu akan ditinjau oleh penyedia layanan apakah akun kamu nantinya disetujui sebagai pengguna paylater. Proses ini bergantung pada credit scoring yang kamu miliki, semakin baik credit scoring yang kamu miliki maka semakin tinggi juga nilai limit yang akan diberikan untuk kamu gunakan.

Pakai Paylater

Setelah pendaftaran dan aktivasi selesai, kamu dapat langsung menggunakan paylater yang sudah kamu pilih untuk berbelanja kebutuhanmu. Pada umumnya, penyedia jasa paylater memiliki kerja sama dengan beberapa merchant sehingga kamu dapat menggunakan paylater mereka di toko atau merchant yang sudah bekerjasama dengan penyedia jasa paylater ini. Tidak perlu khawatir, di Indonesia juga sudah ada paylater yang bisa kamu gunakan kapan saja dan dimana saja tanpa harus memastikan terlebih dahulu di mana saja jasa paylater ini dapat digunakan. Menarik bukan? Nanti kita akan bahas lebih lanjut.

Melakukan pelunasan

Setiap penyedia jasa paylater memiliki aturannya masing masing terkait dengan pelunasan transaksi yang sudah dilakukan. Tergantung dari paylater yang kamu pilih, kamu dapat membagi pembayaran transaksimu ke dalam beberapa cicilan.

Poin-poin diatas merupakan hal penting yang harus kamu ketahui sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan pada paylater apa yang paling sesuai denganmu. Teliti dengan rinci paylater mana yang paling pas untukmu yuk!

Ada Paylater apa saja di Indonesia?

Yup

Metode pembayaran yang satu ini terbilang cukup unik dan sangat memudahkan. Yup memberikan limit hingga 40 juta rupiah. Senada dengan kampanye yang sedang digalakkan oleh Yup, yaitu “Think Paylater, Think Yup”, akses paylater yang diberikan oleh Yup dapat dipakai dimana saja dan kapan saja tanpa pengguna harus memperhatikan merchant mana saja yang bekerjasama dengan Yup. Tenggang waktu pembayaran yang ditawarkan Yup Paylater juga cukup Panjang, kamu bisa memilih sendiri batas pembayaranmu di setiap transaksi menjadi cicilan hingga 12 bulan. Kamu bisa download Yup app di sini!

Shopee Paylater

E-commerce berwarna oranye terang ini menyediakan metode pembayaran paylater di dalam aplikasinya. Dengan limit yang terbilang cukup tinggi, pengguna dapat menggunakan limitnya masing-masing saat berbelanja menggunakan aplikasi Shopee. Perlu diingat, limit paylater yang diberikan hanya bisa digunakan di dalam aplikasi Shopee.

GoPaylater

GoPaylater merupakan metode pembayaran yang disediakan oleh platform Gojek sebagai salah satu bentuk pembayaran yang bisa dipilih dalam aplikasinya. Limit yang diberikan oleh GoPaylater tersedia dari Rp 100.000 hingga Rp 2.000.000 yang bisa kamu tentukan sendiri seberapa tinggi limit yang kamu inginkan. Limit yang diberikan ini tidak hanya bisa diunakan di dalam aplikasi Gojek namun dapat digunakan pula pada aplikasi lain yang sudah terintegrasi dengan Gopay, seperti Tokopedia, aplikasi Kopi Kenangan dan masih banyak lagi.

Akulaku Paylater

Akulaku merupakan platform yang juga menyediakan paylater berdama Akucicil. Akucicil capat digunakan baik online maupun offline, namun penggunaanya hanya dapat dilakukan di merchant yang telah bekerjasama dengan Akulaku. Limit yang diberikan pada setiap pengguna berbeda beda namun limit tertinggi yang bisa didapatkan adalah Rp 15.000.000.

Kredivo

Kredivo sudah sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia karena bisa digunakan di berbagai merchant yang sudah menjadi partner Kredivo. Limit pinjaman yang diberikan juga lumayan tinggi yaitu hingga 30 juta rupiah dengan batas pembayaran cicilan yang dapat dibagi mulai dari 6 bulan hingga 12 bulan. Metode pembayaran Kredivo tidak hanya terbatas pada platform e-commerce saja tetapi bisa digunakan pada toko offline yang sudah menjadi partner Kredivo.

Sebetulnya masih ada banyak lagi Paylater yang Yupers bisa pilih, namun hal yang terpenting adalah pilihlah paylater yang paling sesuai dengan kebutuhan Yupers teman-teman. Perlu diingat layanan paylater memang dapat memudahkan kita bahkan memberikan kita keuntungan saat penggunaanya, namun sebagai pengguna kita juga perlu memperhatikan cashflow kita dengan baik agar dikemudian hari kita dapat senang menikmati keuntungan.

Artikel ini ditulis oleh Yup, platform aggregator yang menghubungkan customer untuk mendapatkan layanan Bayar Nanti yang dioperasikan oleh PT. Finture Tech Indonesia. Dapatkan informasi, tips, dan promo menarik Yup lainnya dengan mengikuti Blog Yup. Belanja apa aja dan di mana aja pakai Yup, Bunga 0%* terus untuk setiap pilihan pembayaran 40 hari.

Share:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Event yang akan datang

Media sosial