Liwetan Bersama Yup

Liwetan Bersama Yup

Liwetan Bersama Yup

Liwetan adalah tradisi makan bersama yang umum dilakukan di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Tradisi ini biasanya dilakukan oleh keluarga besar dan tetangga. Biasa juga dilakukan oleh komunitas yang ingin berkumpul dan merayakan momen spesial atau menyantap hidangan yang spesial.

Liwetan biasanya dilakukan dengan menyajikan hidangan nasi liwet, lauk pauk, sayuran, dan sambal. Hidangan ini biasanya disantap menggunakan tangan atau sendok kayu. Tradisi liwetan sering kali disebut sebagai salah satu wujud kebersamaan yang ada di masyarakat Indonesia. Selain itu, liwetan juga memiliki arti sebagai simbol kebersamaan dan persaudaraan dalam masyarakat Jawa.

Tidak hanya di masyarakat, pada tanggal 18 Januari 2023, Yup mengadakan acara liwetan untuk seluruh karyawan. Acara liwetan ini diadakan sebagai upaya untuk mempererat hubungan antara seluruh karyawan Yup. Kegiatan liwetan yang lalu dipenuhi dengan keceriaan dan keakraban. Seluruh karyawan menikmati hidangan liwetan dengan penuh kehangatan dan keakraban. Di tengah meja terdapat nasi liwet yang sudah disajikan diatas daun pisang. Melengkapi nasi liwet, ada aneka hidangan seperti ayam goreng, gorengan, sayur, sambal, dan lain-lain.

Selain sebagai ajang silaturahmi, tradisi liwetan juga mempunyai filosofi tersendiri. Hidangan nasi liwet dianggap sebagai simbol kemakmuran dan keberlimpahan rezeki. Sedangkan kebiasaan menyantap makanan dengan tangan atau menggunakan sendok kayu melambangkan sifat kekeluargaan dan kebersamaan yang erat.

Makanan yang disajikan dalam acara liwetan juga memiliki makna simbolik yang dalam. Makanan-makanan tersebut dipercaya memiliki makna tersendiri. Di antaranya nasi yang melambangkan kesejahteraan, ayam yang melambangkan kejayaan, sayur yang melambangkan kebersamaan, tempe yang melambangkan kebersihan hati, dan tahu yang melambangkan kesederhanaan. Makanan-makanan tersebut dihidangkan sebagai simbol bahwa manusia harus menjunjung tinggi nilai-nilai tersebut dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab di manapun berada.

Artikel ini ditulis oleh Yup, platform aggregator yang menghubungkan customer untuk mendapatkan layanan Bayar Nanti yang dioperasikan oleh PT. Finture Tech Indonesia. Dapatkan informasi, tips, dan promo menarik Yup lainnya dengan mengikuti Blog Yup. Belanja apa aja dan di mana aja pakai Yup, Bunga 0%* terus untuk setiap pilihan pembayaran 40 hari.

Share:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Event yang akan datang

Media sosial