makanan berbuka puasa

Kolak Sudah Biasa, Intip Makanan Berbuka Puasa Dari Negara Tetangga!

makanan berbuka puasa

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan keindahan dan keunikan dalam segala aspeknya. Selain ibadah puasa, keunikan lainnya adalah makanan khas yang dihidangkan pada waktu berbuka puasa. Berikut adalah beberapa makanan unik yang harus ada di bulan Ramadan di beberapa negara.

  1. Indonesia

Indonesia memiliki beragam makanan khas yang dihidangkan saat berbuka puasa. Salah satu yang paling terkenal adalah takjil. Takjil adalah hidangan manis seperti aneka bubur, es buah dingin, atau kolak hangat. Kolak biasanya terdiri dari campuran buah-buahan seperti pisang dan ubi yang direbus dengan santan dan gula merah. Hidangan ini enak dinikmati saat panas dan juga dingin, kamu tinggal menambahkan es batu saja ke dalamnya.

  1. Turki

Turki memiliki makanan khas berupa pide, yaitu roti bulat yang diisi dengan berbagai macam bahan seperti keju, daging cincang, atau sayuran. Pide biasanya dihidangkan bersama dengan sup atau salad. Selain itu, ada juga makanan khas Turki lainnya yang sering dihidangkan saat berbuka puasa, yaitu ├žorba, yaitu sup kental yang terbuat dari gandum dan kacang.

  1. Maroko

Maroko memiliki makanan khas harira, yaitu sup khas Maroko yang terbuat dari kacang merah, tomat, daging, dan rempah-rempah. Harira biasanya dihidangkan bersama dengan roti pita atau khobz. Selain itu, ada juga makanan khas Maroko lainnya yang sering dihidangkan saat berbuka puasa, yaitu msemen, yaitu roti datar yang mirip dengan roti canai.

  1. Pakistan

Makanan khas Pakistan yang dihidangkan saat berbuka puasa adalah samosa. Samosa adalah kue yang terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan kentang, daging, atau sayuran. Kue ini kemudian digoreng hingga matang dan dihidangkan bersama dengan chutney atau saus pedas. Selain samosa, ada juga makanan khas Pakistan lainnya, yaitu pakora, yaitu adonan tepung yang diisi dengan sayuran seperti bawang bombay atau kentang, lalu digoreng hingga matang.

  1. Arab Saudi

Makanan khas Arab Saudi yang dihidangkan saat berbuka puasa adalah qatayef, yaitu kue bulat yang terbuat dari adonan tepung dan diisi dengan kacang atau keju. Kue ini kemudian digoreng atau dipanggang hingga matang dan disajikan bersama dengan sirup gula atau madu. Selain itu, ada juga makanan khas lainnya seperti tharid, yaitu hidangan sup kental yang terbuat dari daging, roti arab, dan saus tomat.

  1. Iran

Iran memiliki makanan khas ash reshteh, yaitu sup kental yang terbuat dari sayuran, kacang, dan mie. Hidangan ini kemudian diberi taburan kacang-kacangan dan daun ketumbar yang segar. Selain itu, ada juga makanan khas lainnya seperti sholeh zard, yaitu bubur nasi manis yang diberi taburan kayu manis dan kacang pistachio.

  1. India

Makanan khas India yang dihidangkan saat berbuka puasa adalah biryani, yaitu nasi yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas India dan diberi tambahan daging atau ayam. Selain biryani, ada juga makanan khas lainnya seperti kebab, yaitu daging cincang yang dibentuk bulat atau pipih dan kemudian dipanggang atau digoreng.

  1. Mesir

Mesir memiliki makanan khas fatta, yaitu hidangan yang terdiri dari roti pita yang diiris tipis dan diletakkan di atas sejenis nasi. Kemudian, daging domba atau sapi dan saus tomat akan ditambahkan ke atasnya. Hidangan ini kemudian dipanggang hingga renyah dan dihidangkan dengan saus.

Setiap negara memiliki makanan khas yang unik dan berbeda-beda saat bulan Ramadan tiba. Makanan ini bukan hanya sekedar untuk mengisi perut setelah seharian berpuasa, tetapi juga merupakan bagian dari tradisi dan budaya yang harus dijaga. Selain itu, hidangan khas bulan Ramadan juga bisa memperkaya pengalaman kuliner kita dan memberikan kesan yang tak terlupakan. Dalam merayakan bulan Ramadan, mari kita berbagi hidangan khas yang unik dan nikmat bersama-sama. Kira-kira, di bulan puasa nanti kamu mau coba berbuka dengan makanan apa nih?

Artikel ini ditulis oleh Yup, platform aggregator yang menghubungkan customer untuk mendapatkan layanan Bayar Nanti yang dioperasikan oleh PT. Finture Tech Indonesia. Dapatkan informasi, tips, dan promo menarik Yup lainnya dengan mengikuti Blog Yup. Belanja apa aja dan di mana aja pakai Yup, Bunga 0%* terus untuk setiap pilihan pembayaran 40 hari.

Share:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Event yang akan datang

Media sosial