Battery Health menurun? Ini Cara Menjaganya

Battery Health menurun? Ini Cara Menjaganya

Battery Health menurun? Ini Cara Menjaganya

Kehabisan daya baterai HP saat sedang asyik-asyiknya main game atau scrolling media sosial bisa bikin hari jadi kurang greget, ya kan? Nah, agar baterai HP kamu tahan lama dan tetap sehat, ada beberapa tips simpel yang bisa kamu terapkan. Biar HP-mu awet dan selalu siap menemani aktivitasmu sehari-hari.

1. Jangan Biarkan Baterai Terlalu Kosong atau Penuh

Ini nih salah satu hal yang penting banget buat menjaga battery health. Jangan biarkan baterai HP kamu terlalu kosong sampai mati atau terlalu penuh hingga 100%. Sebaiknya, isi daya baterai saat level baterai berada di sekitar 20-30% dan cabut charger saat mencapai sekitar 80%. Ini akan membantu baterai tetap sehat dan awet.

2. Gunakan Charger Asli

Coba deh selalu gunakan charger asli yang disertakan saat membeli HP. Charger palsu atau charger yang tidak sesuai bisa merusak baterai dan menyebabkan overheating.

3. Hindari Pengisian Saat HP dalam Keadaan Panas

Usahakan untuk tidak mengisi daya HP saat perangkatmu sedang panas. Misalnya, setelah bermain game berat atau papasan sinar matahari langsung. Panas bisa merusak baterai, jadi biarkan HPmu dingin sebentar sebelum diisi daya.

4. Matikan Fitur yang Tidak Digunakan

Fitur-fitur seperti Bluetooth, WiFi, atau GPS bisa menguras daya baterai dengan cepat. Pastikan untuk mematikannya jika tidak digunakan. Selain itu, mengurangi kecerahan layar juga bisa membantu menghemat daya.

5. Update Perangkat Lunak

Seringkali, pembaruan perangkat lunak yang dirilis oleh produsen HP mengandung perbaikan performa dan efisiensi daya. Jadi, pastikan selalu menjalankan pembaruan sistem saat tersedia.

6. Gunakan Mode Hemat Daya

HP modern biasanya memiliki opsi mode hemat daya. Mode ini akan membatasi kinerja perangkat untuk menghemat daya saat baterai mulai menipis.

7. Hindari Pengisian Semalaman

Pengisian semalaman, terutama dengan charger cepat, bisa mempengaruhi kesehatan baterai. Lebih baik cabut charger setelah HP terisi penuh.

Nah, itu tadi beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan untuk menjaga battery health HP-mu. Dengan menjaga baterai dalam kondisi baik, HP-mu akan tetap awet dan siap menemanimu dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Artikel ini ditulis oleh Yup, platform aggregator yang menghubungkan customer untuk mendapatkan layanan Bayar Nanti yang dioperasikan oleh PT. Finture Tech Indonesia. Dapatkan informasi, tips, dan promo menarik Yup lainnya dengan mengikuti Blog Yup. Belanja apa aja dan di mana aja pakai Yup, Bunga 0%* terus untuk setiap pilihan pembayaran 40 hari.

Share:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Event yang akan datang

Media sosial