12 Cara Mencuci Denim yang Baik!

12 Cara Mencuci Denim yang Baik!

12 Cara Mencuci Denim yang Baik!

Denim merupakan jenis kain yang sering digunakan pada berbagai jenis pakaian seperti celana jeans, jaket denim, dan rok denim. Namun, mencuci denim tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Jika tidak dilakukan dengan benar, bisa merusak bahan denim dan memperpendek umur pakai pakaian tersebut. Oleh karena itu, diperlukan teknik dan cara khusus dalam mencuci denim agar tetap terjaga kualitasnya.

Berikut adalah cara mencuci denim yang benar:

  1. Siapkan wadah berisi air dingin atau hangat. Jangan gunakan air panas karena dapat membuat denim mengkerut.
  2. Tuangkan denim soaker sebanyak 4-5 tetes untuk menetralkan atau mengharumkan aroma denim. Selain itu, penggunaan denim soaker juga dapat memudahkan proses pencucian.
  3. Rendam denim selama 15-20 menit. Pastikan seluruh bagian denim terendam air.
  4. Setelah direndam dan kotoran terangkat, barulah bisa memulai pencucian.
  5. Gelar denim dilantai seperti kamar mandi dan denim siap untuk dicuci.
  6. Teteskan sabun liquid khusus denim ke bagian yang pudar terlebih dahulu, seperti bagian lipatan.
  7. Sikat secara bertahap dari pelan, sedang hingga keras untuk noda yang membandel. Namun, untuk bagian fade cukup disikat dengan kekuatan sedang saja.
  8. Setelah bagian fade tersikat rata, baru mulai menyikat bagian yang bernoda.
  9. Sikat secara searah serat denim atau boleh memutar. Gunakan cara melawan arah untuk noda membandel.
  10. Bilas denim sebanyak 2x menggunakan air dingin. Pastikan semua sabun telah terbilas dengan sempurna.
  11. Untuk penjemuran, tidak disarankan menggulung menggunakan handuk karena dapat mencegah lipatan terlipat rata. Lebih baik disarankan langsung menjemur dalam keadaan basah dan biarkan air menetes secara natural saat dijemur.
  12. Tunggu hingga denim kering. Jangan gunakan mesin pengering karena dapat membuat denim menyusut. Selain itu, hindari juga sinar matahari langsung saat menjemur, karena dapat membuat warna denim pudar.

Dengan melakukan proses pencucian yang tepat, denim akan tetap terjaga kualitasnya dan dapat bertahan lebih lama. Selain itu, penggunaan sabun dan denim soaker khusus juga sangat dianjurkan agar bahan denim tidak rusak dan warnanya tetap terjaga. Demikianlah cara mencuci denim yang benar, selamat mencoba!

Artikel ini ditulis oleh Yup, platform aggregator yang menghubungkan customer untuk mendapatkan layanan Bayar Nanti yang dioperasikan oleh PT. Finture Tech Indonesia. Dapatkan informasi, tips, dan promo menarik Yup lainnya dengan mengikuti Blog Yup. Belanja apa aja dan di mana aja pakai Yup, Bunga 0%* terus untuk setiap pilihan pembayaran 40 hari.

Share:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Event yang akan datang

Media sosial