Manfaat lompat tali

Tiga Manfaat Lompat Tali Bagi Tubuh

Manfaat lompat tali

Lompat Tali, atau biasa juga disebut dengan Jump Rope sering sekali digunakan anak-anak bermain menghabiskan senja bersama dengan teman-teman di sekitar rumahnya. Tapi, tahukan kamu ternyata lompat tali ini merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak manfaat termasuk dalam mengurangi berat badan? Meskipun terlihat sangat sederhana dan memberikan kesan hanya sebuah permainan, ternyata lompat tali merupakan salah satu bentuk kardio yang baik untuk tubuh. Kira-kira apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari lompat tali?

Manfaat Lompat Tali

Manfaat lompat tali yang paling terlihat yaitu untuk menjadi senjata saat ada teman yang nakal, sabet aja pakai tali lompat tali. Enggak, kalimat yang sebelumnya bercanda. Selain menjadi sebuah permainan seru di masa kecil dan salah satu bentuk kardio, berikut beberapa manfaat dari melakukan lompat tali.

Menambah Tinggi Badan

Ternyata dengan melakukan lompat tali, kita bisa menambah tinggi badan kita. Bukan hanya sekedar mitos belaka. Dengan melakukan lompat tali secara rutin, kelenjar pituitari dalam tubuh memproduksi dan melepaskan hormon pertumbuhan lebih banyak. Hormon pertumbuhan (HGH) mendorong pertumbuhan tinggi badan. Namun perlu diperhatikan bahwa hormon pertumbuhan ini akan lebih efektif membantu menambah tinggi pada masa anak-anak dan masa pubertas.

Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang berjuang menurunkan berat badan, mungkin lompat tali bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk dijadikan salah satu olahraga rutin kamu. Menurut Wisconsin’s Department of Health Services, jika dibandingnkan jogging dengan kecepatan 12 menit/mile dan lompat tali dengan intensitas moderate atau general, lompat tali membakar kalori 140 lebih banyak dari jogging. Jogging selama 1 jam dengan kecepatan 12 menit/mile membakar 563 kalori, sementara lompat tali dengan intensitas moderate membakar 704 kalori. Dalam rentang waktu yang sama, lompat tali dapat membakar kalori lebih banyak dari jogging yang mana ini dapat mempercepat proses penurunan berat badan.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tentunya semua bentuk olahraga dapat meningkatkan kesehatan jantung ketika dilakukan dengan tepat dan konsisten. Sebuah studi yang diterbitkan oleh European Journal of Applied Physiology di tahun 2018 lalu terhadap 40 wanita remaja dengan kondisi obesitas dan prahipertensi selama 12 minggu untuk menguji efektifitas lompat tali. Hasil dari studi ini menunjukkan penurunan berat badan, peningkatan yang lebih baik akan tekanan darah, dan denyut nadi yang stabil usai latihan. Peningkatan kondisi tubuh dan jantung ini dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Yuk mulai untuk berolahraga sekarang. Niat saja tidak cukup, namun harus ada langkah yang diambil untuk memulainya. Tidak banyak barang yang harus kamu persiapkan selain baju olahraga, sepatu, dan lompat tali yang sesuai untukmu. Kamu bisa membeli semua itu menggunakan Yup! Beli perlengkapan lompat talimu sekarang, mulai berolahraga sekarang, dan bayar nanti menggunakan Yup! Yup siap mendukungmu untuk menjadi lebih sehat, bugar, dan memiliki tubuh yang indah!

Artikel ini ditulis oleh Yup, platform aggregator yang menghubungkan customer untuk mendapatkan layanan Bayar Nanti yang dioperasikan oleh PT. Finture Tech Indonesia. Dapatkan informasi, tips, dan promo menarik Yup lainnya dengan mengikuti Blog Yup. Belanja apa aja dan di mana aja pakai Yup, Bunga 0%* terus untuk setiap pilihan pembayaran 40 hari.

Share:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Event yang akan datang

Media sosial