Perawatan Rambut

Haircare Routine !

Perawatan Rambut

Memiliki rambut yang indah pasti merupakan idaman semua orang. Tidak hanya wanita, pria juga pasti ingin tampil dengan rambut yang indah dan sehat. Rambut yang indah tidak melulu harus lurus dan berwarna hitam. Ada banyak jenis rambut selain yang lurus dan berwarna hitam. Haircare routine yang sesuai dengan jenis rambut sangat penting agar mendapatkan rambut yang indah.

Untuk mendapatkan rambut indah, kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis rambut yang dimiliki. Hal ini akan sangat berkaitan dengan perawatan atau treatment yang tepat untuk diberikan kepada rambut kita. Merawat rambut lurus tentunya berbeda caranya dengan merawat rambut ikal ataupun keriting. Kebutuhan rambut akan berbeda pula antara rambut yang kering dan rambut yang berminyak ataupun kombinasi.

Ada 4 Jenis rambut yang harus kamu ketahui. Yang pertama adalah tipe rambut lurus. Tipe rambut lurus tidak memiliki tekstur ikal alami dari akar hingga ke ujung rambut. Tipe rambut ini biasanya cenderung lebih berminyak karena minyak alami rambut lebih mudah turun ke batang rambut yang lurus dibandingkan dengan yang memiliki tektur ikal.

Kedua adalah tipe rambut bergelombang. Mudahnya tipe rambut ini memiliki gelombang alami pada rambut seperti huruf S namun tidak menyeluruh. Tipe rambut ini terbagi lagi menjadi 3 bagian sesuai dengan letak gelombangnya.

Selanjutnya, tipe rambut keempat merupakan tipe rambut ikal. Hampir sama seperti rambut bergelombang yang dibagi lagi menjadi 3 bagian. Tipe rambut ikal juga terbagi lagi dalam 3 tipe rambut. Pembagian ini tergantung dengan seberapa kecil spiral ikal rambutnya.

Terakhir, tipe rambut keempat adalah tipe rambut keriting. Sama dengan 2 tipe rambut sebelumnya, tipe rambut ini juga dibagi ke dalam 3 bagian lagi. Pembagiannya bergantung pada bentuk keriting dan kepadatan keriting rambutnya.

Setelah mengetahui jenis jenis rambut di atas, kira-kira apa jenis rambutmu? Untuk mendapatkan rambut yang indah sesuai dengan masing-masing jenis rambut, tentunya ada langkah-langkah yang harus diambil. Rambut yang indah tidak akan didapatkan kalau kita hanya berharap dan membiarkan rambut kita tidak dirawat. Pada dasarnya ada 6 langkah penting yang harus diperhatikan untuk mendapatkan rambut yang indah. Yuk simak beberapa langkah di bawah ini.

Langkah-langkah Perawatan Rambut

  1. Shampoo Bersihkan rambut dari minyak dan kotoran yang menumpuk menggunakan shampoo. Gunakanlah shampoo yang sesuai dengan jenis rambutmu agar rambut dan kulit kepala dapat bersih dari kotoran namun tetap menjaga kelembapan rambut.
  2. Kondisioner & nutrisi Selanjutnya, setelah membersihkan rambut menggunakan shampoo yang tepat, berikan rambut nutrisi dan kelembapan yang hilang usai mencucuinya. Menjaga kelembapan rambut sangat penting agar rambut tidak mudah patah dan rapuh.
  3. Detangle Proses detangle merupakan proses untuk membebaskan rambut dari kusut agar rambut mudah ditata dan tidak rapuh ketika disisir nantinya setelah keramas. Kamu bisa melakukan detangle ini saat menggunakan kondisioner dan menggunakan jarimu atau sisir bergigi besar untuk mengurangi kerusakan pada rambut yang mungkin timbul. Rambut patah, kerontokan, dan kusam adalah beberapa kerusakan yang mungkin timbul dika detangling tidak dilakukan dengan benar.
  4. Protect, prime & style Setelah kerasams, lindungi rambutmu dengan heat protector dan uv protector sebelum menata rambut sesuai keinginan. Dengan ini kamu bisa melindungi rambutmu dari kerusakan yang dapat ditimbulkan dari suhu panas saat menata rambut dan dari sinar matahari.
  5. Mosturize Jangan lupa untuk memberikan kelembapan pada rambut usai mengeringkan dan menata rambut. Kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan rambutmu seperti leave-in-conditioner untuk rambut keriting. Dengan begitu, walaupun kamu menggunakan suhu yang panas ketika menata rambut dan kehilangan sebagian kelembapan pada rambut, kamu tetap bisa menjaga rambutmu agar tetap sehat.
  6. Treatment Setidaknya rawatkah rambutmu dengan perawatan creambath, hairmask, atau perawatan yang lainnya sesuai dengan kebutuhan rambut seminggu sekali. Perawatan rambut yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu akan mengembalikan dutrisi yang dibutuhkan rambut.

Nah, setelah mengetahui beberapa cara merawat rambut agar rambut sehat, Kira-kira sudahkah kamu merawat rambutmu sesuai dengan kebutuhan rambutmu? Kalau belum, yuk mulai merawat rambut agar rambut tetap berkilau sehat. Semua perawatan rambut yang kamu butuhkan bisa mulai kamu lakukan sendiri di rumah. Saat ini sudah banyak produk rambut yang bisa kamu dapatkan sesuai dengan kebutuhanmu. Tenang saja, kamu bisa belanja kebutuhan perawatan rambutmu sekarang dan bayar nanti pakai Yup!

Artikel ini ditulis oleh Yup, platform aggregator yang menghubungkan customer untuk mendapatkan layanan Bayar Nanti yang dioperasikan oleh PT. Finture Tech Indonesia. Dapatkan informasi, tips, dan promo menarik Yup lainnya dengan mengikuti Blog Yup. Belanja apa aja dan di mana aja pakai Yup, Bunga 0%* terus untuk setiap pilihan pembayaran 40 hari.

Share:

Facebook
Twitter
LinkedIn

Event yang akan datang

Media sosial